Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT KAI Luncurkan Persinyalan Berbasis Komputer

Kompas.com - 19/12/2012, 12:24 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

CILACAP, KOMPAS.com — Menteri Perhubungan EE Mangindaan dan Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta, Rabu (19/12/2012), meresmikan sistem persinyalan kereta api (KA) berbasis komputer (computer based interlocking/CBI) di Stasiun Gumilir, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Stasiun Gumilir, Cilacap, dipilih sebagai stasiun pertama yang menggunakan sistem sinyal CBI karena secara teknis merupakan stasiun percabangan jalur KA strategis ke arah Stasiun Cilacap.

Stasiun ini juga berada di dekat kilang minyak Pertamina Unit IV Cilacap, Stasiun Karangtalun yang berdekatan pula dengan pabrik semen PT Holcim Indonesia, dan Stasiun Maos yang merupakan stasiun persinggahan KA lintas selatan Bandung-Solo-Surabaya.

Wilayah tersebut diprediksi akan terus berkembang dengan lonjakan frekuensi angkutan kereta api yang signifikan. Pemasangan CBI di Stasiun Gumilir merupakan salah satu bagian dari program modernisasi persinyalan yang direncanakan Kemhub. Hal ini untuk meningkatkan pelayanan operasional KA.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi V Purwokerto Zakaria menuturkan, Stasiun Gumilir menjadi stasiun pertama di Indonesia yang menggunakan CBI produksi PT LEN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com