Kompas.com - 23/01/2013, 15:31 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Bank Indonesia (BI) meyakinkan rencana redenominasi rupiah tidak akan meningkatkan angka inflasi. BI yakin inflasi masih sesuai dengan target semula.

"Kita bisa hitung secara tepat. Kita juga sudah tahu uang yang beredar di masyarakat itu berlebih atau tidak. Jadi, inflasi akan tetap aman," kata Gubernur BI Darmin Nasution di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (23/1/2013).

Pada saat redenominasi nanti, dilakukan sosialisasi. Bank sentral memang akan menggelontorkan dua jenis mata uang rupiah, yaitu rupiah dengan denominasi baru dan rupiah dengan denominasi lama.

Dengan kondisi tersebut, otomatis uang yang beredar di masyarakat akan berlebih karena bank sentral menggelontorkan dua jenis mata uang tersebut. Perhitungan bank sentral, di akhir tahun lalu saja selama dua hingga tiga minggu, rupiah digelontorkan sebesar Rp 130 triliun-Rp 140 triliun.

"Nanti kalau lebih ya ditarik. Kami punya mekanisme menyedot uang lebih dari itu," katanya.

Darmin juga menjelaskan bahwa proses redenominasi ini memang bisa dilakukan pada saat perekonomian stabil. "Makanya, justru malah salah kalau ada yang bilang redenominasi itu tidak cocok dilakukan pada saat ekonomi stabil. Justru nanti kita akan kerepotan kalau mau melakukan redenominasi pada saat ekonomi sedang krisis," ujarnya.

Untuk menggelar proses sosialisasi ini, pemerintah memang masih menunggu ketuk palu undang-undang tentang redenominasi ini dari DPR. Sebab, tanpa persetujuan DPR ini, langkah sosialisasi ataupun langkah selanjutnya dalam proses redenominasi ini tidak bisa dilakukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.