Sandiaga Uno Jadi Pengusaha Karena "Kecelakaan"

Kompas.com - 10/02/2013, 16:58 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com -  Sandiaga Uno, CEO PT Saratoga Investama Sedaya, mengisahkan bagaimana akhirnya dia menjadi pengusaha. Ia mengaku tak pernah bercita-cita jadi pengusaha sejak kecil dan kesuksesan yang saat ini diperoleh adalah karena kecelakaan.

"Saya menjadi pengusaha karena kecelakaan. Sebagai seorang pengusaha yang lahir dari kecelakaan, saya tidak mendesain jadi seorang pengusaha," ujar Sandiaga, Minggu (10/2/2013).

Sandiaga bercerita, pertama kali bekerja dia malah dirumahkan atau terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dari perusahaan tempat dia bekerja. Sejak saat itu ia tidak ingin lagi bekerja pada orang lain namun membuka usaha sendiri.

"Setelah banting setir dan tidak lagi bekerja, saya mulai menjadi penasihat keuangan di perusahaan yang didirikan bersama dua orang teman saya," tuturnya.

Hingga pada akhirnya perusahaan yang ia dirikan di 1997 sampai saat ini sudah memperkerjakan 25.000 orang.

Sandiaga berharap, penduduk Indonesia mampu menghidupkan ekonomi negara menjadi Indonesia emas. "Saya yakin dengan pendapat McKinsey & Co yang mengatakan pada 2030 Indonesia akan menjadi negara terbesar ke-7 di dunia," papar Sandiaga. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

 

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X