Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Kedelai Naik Lagi

Kompas.com - 05/03/2013, 03:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS - Harga kedelai masih tinggi saat pemerintah tengah berupaya mengendalikan harga. Akhir 2012, harga kedelai yang diimpor masih sekitar Rp 6.000 per kilogram, tetapi saat ini sudah mencapai Rp 8.000 per kilogram. Kondisi ini memukul perajin tempe dan tahu.

Harga kedelai yang mencapai Rp 8.000 per kilogram menyebabkan produksi tahu dan tempe berkurang. Bahkan, permintaan tahu dan tempe di pasar cenderung menurun. Informasi tersebut diperoleh Kompas di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin (4/3).

Irwanto (23), salah satu penjual tempe, menuturkan, harga kedelai terus meningkat dalam dua bulan terakhir. Harga kedelai pun bervariasi tergantung dari kualitasnya, antara Rp 7.000 dan Rp 8.000 per kilogram.

”Harga kedelai dengan kualitas terbaik pada dua bulan lalu Rp 6.300 per kilogram. Kenaikan terjadi beberapa kali sebesar Rp 100-Rp 200 per kilogram hingga saat ini,” kata Irwanto.

Sementara itu, Sumali (60), salah satu penjual tahu, mengatakan, produksi tahu menurun hingga 50 persen. ”Jumlah yang diproduksi setiap hari rata-rata 30 boks, tetapi saat ini hanya 15 boks,” kata Sumali.

Sejumlah pedagang tempe dan tahu di Pasar Mayestik, Jakarta Selatan, mengungkapkan, mereka terpaksa menaikkan harga tempe dan tahu karena harga bahan bakunya sedang mengalami kenaikan di pasaran dunia.

Ustatik, seorang perajin tempe, menuturkan bahwa dari akhir tahun 2012 hingga bulan ini, harga kedelai terus mengalami kenaikan yang signifikan.

”Akhir tahun 2012 harga kedelai yang diimpor masih Rp 6.000 per kilogram, tapi saat ini sudah mencapai Rp 7.700 per kilogram,” kata wanita yang sudah 20 tahun menjadi perajin tempe itu.

Akibat kenaikan itu, biaya pembelian kedelai yang biasa dibelinya sebanyak 70 kilogram naik hingga Rp 539.000 hanya dalam jangka waktu tiga bulan terakhir ini. Padahal, Ustatik membeli kedelai tersebut di sebuah koperasi di Kebayoran Lama.

Deden, salah satu penjual tempe dan tahu, mengaku terpaksa menaikkan harga tempe yang dijual per 500 gram dengan harga Rp 6.000. Sementara untuk tempe dengan 300 gram dijual Rp 5.000.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com