Bank Perang Strategi untuk Jaring Nasabah Tajir

Kompas.com - 13/03/2013, 13:47 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan tumbuhnya perekonomian Indonesia, dana kelola nasabah kaya di berbagai bank mengalami peningkatan. Bank mengadu strategi untuk menjaring nasabah berkantong tebal. Dari strategi konvensional seperti jumlah layanan hingga strategi unik berharga jutaan rupiah sekali pakai.

Misalnya, PT Bank OCBC NISP Tbk (NISP) mengelola dana nasabah kaya sebanyak Rp 27 triliun sepanjang 2012. Nilai ini meroket 92,8persen dari Rp 14 triliun di akhir 2011.

Jumlah nasabah pun meningkat drastis yakni 112,5 persen, dari hanya 8.000 orang menjadi 17.000 nasabah. Di tahun ini, OCBC NISP berharap dapat menumbuhkan lagi dana kelolaannya sekitar 20 persen.

Salah satu strategi yang ditempuh OCBC NISP adalah mengenalkan beragam produk bancassurance dan investasi bagi nasabah kayanya. Bank yang 85,06 persen sahamnya dimiliki oleh Bank OCBC Singapura ini memiliki 12 produk bancassurance dan 25 produk investasi.

Dikatakan Direktur Utama OCBC NISP Parwati Surjaudaja, bahwa bertambahnya dana kelola wealth management sangat tergantung pada view dan decision nasabah. “Ada nasabah yang keluar pada saat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tinggi, dan sebaliknya,” ujarnya.

Pencapaian OCBC NISP berhasil mengungguli bank pelat merah seperti PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI). BNI mencatat pertumbuhan dana kelola wealth management yakni 21 persen sepanjang 2012. Rinciannya, pada 2011, dana kelolaannya yakni Rp 18 triliun, lalu naik jadi Rp 23 triliun di tahun kemarin.

Untuk 2013, BNI menargetkan pertumbuhan dana kelola sekitar 21 persen-25 persen menjadi Rp 28 triliun. Lalu jumlah nasabah ditargetkan menjadi sekitar 16.250 orang.

"Target berjalan beriringan," jelas Executive Vice President Customer Management and Marketing Management BNI, Purnomo B. Soetadi.

Untuk menjadi nasabah wealth management BNI, saldo minimum yang harus dimiliki yaitu Rp 1 miliar. Ini lebih tinggi dibanding kebanyakan bank lain yang menetapkan saldo minimum Rp 500 juta.

Genjot jumlah nasabah

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X