Kompas.com - 18/03/2013, 09:35 WIB
|
EditorRusdi Amral

PARIS, KOMPAS.com — Produsen pesawat Eropa, Airbus, berpotensi mendapatkan order pesawat senilai 20 miliar dollar AS atau sekitar Rp 194 triliun dari Lion Air. Demikian menurut sumber yang dekat dengan transaksi itu mengatakan di Paris, Minggu (17/3/2013) waktu setempat. 

Pengumuman tentang transaksi ini akan dilakukan Senin (18/3/2013) ini di hadapan Presiden Perancis Francois Hollande. Sebelumnya, Kantor Kepresidenan Perancis memang menyebutkan, Hollande dijadwalkan bertemu dengan CEO Airbus Fabrice Bregier untuk merayakan transaksi industri yang cukup besar tanpa merinci lebih jauh.

Pada tahun 2011, Lion Air juga memesan 201 pesawat dari pesaing Airbus, Boeing, yang kontraknya ditandatangani di hadapan Presiden Barack Obama ketika berkunjung ke Bali. Sumber-sumber tersebut juga menyatakan, order Airbus A320 dari Lion mungkin melebihi pesanan kepada Boeing sebelumnya.

Koran Perancis Les Echos menyebutkan, order itu meliputi 200 jet Airbus, sebagian besar adalah tipe A320 bernilai 100 juta dollar AS per unitnya. Maskapai penerbangan terus memesan pesawat. Pekan lalu, maskapai Jerman Lufthansa memesan 102 unit pesawat Airbus dan Boeing dengan total 35 miliar dollar AS. Sementara Turkish Airlines memesan 82 unit dari Airbus dan Ryanair Irlandia memesan 170 unit dari Boeing.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.