Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trauma Tragedi Lion Air, Risa Suseanty Pilih Absen

Kompas.com - 23/04/2013, 17:13 WIB

BANDUNG, Kompas.com - Atlet sepeda gunung nasional Risa Suseanty terancam absen ke Kejuaraan Down Hill Asia 2013 di China karena masih trauma setelah ikut jatuh dalam penerbangan Lion Air di Denpasar Bali beberapa waktu lalu.

"Saya sudah menyampaikan pengajuan untuk tidak ikut ke Kejuaraan Down Hill di China, 7 Mei mendatang. Saya masih trauma lagipula pinggang dan belikat saya masih sakit," kata Risa Suseanty saat ditemui di Bandung, Selasa.
     
Risa bersama suaminya Steven Wong ikut dalam penerbangan Lion Air ture Bandung - Denpasar pada 13 April 2013 lalu, untuk menghadiri acara seminar tentang perjuangan atlet untuk bangkit. Ia yang duduk di kursi 12 B sempat terantuk saat pesawat itu mendarat di laut.
      
Mata sebelah kanan Rissa sempat memar dan pinggangnya terasa sakit. Setelah kejadian itu ia sangat trauma untuk naik pesawat terbang. Bahkan sepanjang perjalanan Denpasar - Jakarta untuk kembali ke rumahnya ia menangis di pangkuan suaminya.    "Empat hari ini saya mulai latihan, tapi pinggang saya sakit dan kesemutan. Saya belum periksakan penyebabnya, namun diduga bekas sakit saat peristiwa itu," kata Rissa.
 
Ia khawatir dengan sakit di bagian pinggangnya yang memaksanya berhenti latihan sebelum melahap semua menu latihan yang ditetapkan. Gejalanya sakit dan kesemutan, kemudian tenaganya seolah-olah terkuras.   "Setelah sakit, saya hampir tak bisa berdiri dan lemas," kata Ressa yang mengaku sangat trauma dengan kejadian tersebut.
       
Namun demikian, ia belum mendapat jawaban dari KONI Pusat terkait diizinkan atau tidaknya ia absen untuk kejuaraan Asia yang rencananya juga diikuti oleh atlet nasional down hill lainnya dalam rangka uji coba tim SEA Games 2013.    "Saya sudah sampaikan keluhan saya, mudah-mudahan tidak parah," kata Rissa.
       
Akibat insiden itu, Risa juga kemungkinan tidak akan menghadiri undangan dari Bupati Lubuklingau yang mengundangnya hadir untuk sebuah acara di sana karena ia masih trauma.   "Ratusan kali jatuh dari sepeda saya tidak kuatir karena tahu ekpekstasinya, namun ini dari pesawat benar-benar bikin trauma," kata Risa Suseanty menambahkan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com