Pajak untuk Pelaku Usaha Kecil Berlaku Tahun Ini

Kompas.com - 13/05/2013, 19:00 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menargetkan bisa memberlakukan pajak penghasilan untuk pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) sebesar 1 persen dari penjualan, pada tahun ini.

Syarief Hasan, Menteri Koperasi dan UKM, mengatakan ketentuan pajak penghasilan (PPh) 1 persen berlaku untuk UKM yang memiliki tempat tetap atau permanen. "Tetapi UKM yang tidak memiliki tempat tetap seperti pedagang kaki lima diusahakan tidak dikenakan PPh," katanya, seusai acara International Workshop on Cooperatives, Senin (13/5/2013).

Seperti diberitakan sebelumnya, Dirjen Pajak Fuad Rahmany mengatakan, perhitungan pajak bagi UKM dihitung bukan berdasarkan keuntungan yang diperoleh, melainkan total omzet pada akhir tahun. Yang punya usaha tetap akan dikenakan pajak penghasilan sebesar 1 persen.

Menurut Fuad, pemberian fasilitas perpajakan yang memudahkan itu dilatarbelakangi kecenderungan pengelolaan UKM yang umumnya dilakukan oleh pemilik usaha. "Kira-kira pengenaan PPN (pajak pertambahan nilai) sebesar satu persen dan PPh (pajak penghasilan) juga sebesar 1 persen," kata dia.

Tarif itu, lanjut dia, diberlakukan untuk UKM dengan omzet Rp 0 hingga Rp 4,8 miliar. Sedangkan UKM dengan omzet dibawah Rp 300 juta akan dikenai tarif setengah persen. (Agustina Rasyida/Tribunnews)

 



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X