Kompas.com - 20/05/2013, 12:51 WIB
Penulis Sandro Gatra
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima laporan dari jajaran pemerintah terkait proses penyelamatan dalam peristiwa runtuhnya batuan di ruang pelatihan area Tambang Big Gossan di PT Freeport Indonesia.

Presiden menerima laporan di Kantor Presiden, Jakarta, Senin ( 20/5/2013 ) siang. Hadir dalam pertemuan Menteri Tenaga Kerja Muhaimin Iskandar, Menteri ESDM Jero Wacik, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, Kepala Polri Jenderal (Pol) Timur Pradopo, dan lainnya.

Muhaimin mengatakan, upaya evakuasi terus dilakukan oleh para ahli penyelamatan, baik dari dalam maupun luar negeri. Oksigen terus disuplai ke dalam agar 20-an pekerja yang masih terperangkap bisa bertahan.

Proses evakuasi, tambah Muhaimin, terkendala lokasi yang sangat dalam. Meski demikian, kata dia, proses evakuasi tidak akan berhenti sampai seluruh pekerja di keluarkan.

"Kita melaporkan perkembangan paling akhir setelah terus menerus memonitor per jam. Saya dua kali batal ke sana. Hari Jumat batal karena suasana dan iklimnya. Lalu hari Minggu tidak jadi karena memang semua energi Freeport fokus di situ sehingga tidak boleh diganggu," kata Muhaimin sebelum pertemuan.

Ketika ditanya bagaimana pengawasan pemerintah terkait keselamatan kerja di Freeport, Muhaimin mengatakan, Freeport dinilai paling baik dalam hal Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Selanjutnya, investigasi penyebab peristiwa tersebut akan dilakukan.

"Ini tentu akan diinvestigasi. Kita minta Kementerian ESDM untuk lebih proaktif lagi karena Kementerian ESDM yang bisa mengaudit dalam kapasitas pelaksanaan tambang," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.