Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Menghadapi Perlambatan Ekonomi

Kompas.com - 28/05/2013, 08:36 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perdana Menteri China Li Keqiang menyampaikan tantangan ekonomi terberat negeri itu saat ini adalah pertumbuhan ekonomi yang melambat.

Ekonomi Uni Eropa yang melambat menjadi salah satu faktor melambatnya ekonomi China. Hal itu dikatakan Li dalam kunjungannya ke Jerman, awal pekan ini.

Seperti dikutip ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih, di Jakarta, Selasa (28/5/2013), ekonomi China yang tumbuh 7,7 persen pada triwulan 1-2013 disebut sebagai reasonable growth, masih diatas target pemerintah untuk tahun 2013 sebesar 7,5 persen.

Kunjungan Li ke Jerman dan Uni Eropa di antaranya juga menyelesaikan sengketa perdagangan atas tuduhan dumping UE terhadap panel surya dan alat komunikasi China.

Sedangkan China mengeluhkan kemungkinan dumping untuk produksi pipa baja UE. Uni Eropa kemungkinan akan menerapkan tarif anti dumping pada 5 Juni mendatang.

Sengketa dagang ini tampaknya akan dijembatani oleh Jerman sebagaimana dijanjikan oleh Kanselir Angela Merkel.

Pasar UE merupakan pasar utama produk China. Ekonomi UE yang melambat menjadi salah satu faktor melambatnya ekonomi China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com