Kompas.com - 30/05/2013, 10:59 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com  Tingkat daya saing ekonomi Indonesia secara global pada tahun 2013 naik tiga peringkat dibanding tahun sebelumnya. Menurut laporan Institute for Management Development (IMD), Kamis (30/5/2013), Indonesia berada di posisi 39 dalam daftar World Competitiveness Rankings 2013.

Tahun lalu, peringkat Indonesia berada di urutan 42. Meski tahun ini naik, peringkat Indonesia masih di bawah negara-negara ASEAN lainnya. Filipina, misalnya, tepat di atas Indonesia di urutan 38. Sementara posisi tiga negara jiran lainnya sangat jauh, seperti Singapura yang berada di peringkat 5, Malaysia 15, dan Thailand 27.

Namun, daya saing Indonesia masih lebih baik dibandingkan negara-negara BRICS, kecuali China yang berada di posisi 21.  Negara BRICS lainnya, yakni Brasil berada di posisi 51, Rusia (42), India (40), dan Afrika Selatan (53).

"Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan sangat berbeda dalam strategi daya saing dan kinerja mereka, tetapi BRICS tetap negara-negara berpeluang," kata GStephane Garelli, Kepala Pusat Daya Saing Dunia IMD seperti dikutip AFP.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.