Kompas.com - 18/06/2013, 15:17 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com -  Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah menerima keluhan tim kurator PT Metro Batavia (Batavia Air) adanya maskapai penerbangan pengganti yang tidak menerima pendaftaran penumpang eks Batavia Air.

Padahal, berdasarakan surat edaran Direktur Angkutan Udara, Dirjen Perhubungan Udara, ada empat maskapai penerbangan yang diwajibkan mengangkut penumpang eks Batavia Air sampai jadwal penerbangan 31 Desember 2013.

Keempat maskapai penerbangan tersebut adalah  PT Citilink Indonesia, PT Mandala Airlines, PT Travel Express Aviation Service, dan PT Sriwijaya Airlines.

Hemi Pamuraharjo, Kasubdit Angkutan Udara Niaga, Dirjen Angkutan Udara Kemenhub, menjelaskan, pihaknya akan memanggil keempat maskapai tersebut untuk menanyakan tentang pengangkutan penumpang eks Batavia Air.

"Kami menunggu laporan tertulis dari kurator, setelah itu baru kita akan panggil mereka (maskapai penerbangan)," ujarnya kepada wartawan di kantornya, Selasa (18/6/2013).

Hemi menegaskan, keempat maskapai penerbangan tersebut wajib mengangkut penumpang Batavia Air. Sebagai imbal hasilnya, keempat maskapai penerbangan tersebut akan mendapat slot rute penerbangan eks Batavia Air. (Oginawa R Prayogo)

Di tempat yang sama, Turman Panggabean, salah satu kurator Batavia Air mengatakan masih ada maskapai penerbangan yang menolak mengangkut para penumpang eks Batavia Air tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.