Berharap Kenaikan IHSG Sebelum Libur Lebaran

Kompas.com - 02/08/2013, 07:47 WIB
Ilustrasi aktivitas di bursa saham. KOMPAS/PRIYOMBODO PRIYOMBODOIlustrasi aktivitas di bursa saham. KOMPAS/PRIYOMBODO
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang libur Hari Raya Idul Fitri selama sepekan mendatang, 5-9 Agustus 2013, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan kembali bergerak variatif dengan kecenderungan menguat. Sentimen positif datang dari pergerakan bursa global semalam waktu Indonesia.

Indeks bursa Wall Street melonjak setelah naiknya data pertumbuhan pabrik dan pernyataan sejumlah bank sentral bahwa aneka paket stimulus moneter akan terus berlanjut. Indeks Dow Jones Industrial Average menguat 0,83 persen dan mencetak rekor tertingginya di level 15.628.

Indeks S&P 500 pun mencetak rekor di level 1.706, melonjak 1,25 persen, sedangkan Indeks Nasdaq mencetak level tertingginya dalam 13 tahun terakhir, naik 1,36 persen ke level 3.675.

Kemarin IHSG ditutup naik 13,96 poin (0,30 persen) ke 4.624,34 dengan jumlah transaksi sebanyak 8,5 juta lot atau setara dengan Rp 7,6 triliun. Investor asing tercatat melakukan pembelian bersih di pasar reguler sebesar Rp 442 miliar dengan saham yang paling banyak dibeli antara lain ASII, BBRI, TLKM, BBCA, dan SMGR.

Mata uang rupiah terdepresiasi Rp 10.271 per dollar AS. Secara teknikal, menurut riset eTrading Securities, penguatan IHSG diiringi dengan peningkatan volume, serta menghasilkan sinyal bullish pada indikator stochastic.

Untuk hari ini diperkirakan IHSG akan menguat terbatas, dengan level support di 4.550 dan resisten di 4.700.

Sementara itu menurut riset Trust Securities, hari ini diperkirakan IHSG akan berada pada level dukungan 4.586-4.615 dan resisten 4.640-4.654. Berpola menyerupai hammer di bawah middle bollinger bands (MBB).

MACD masih bergerak turun dengan histogram positif yang memendek. RSI, William's %R, dan Stochastic masih menjauhi area overbought. Diingatkan sesi perdagangan tinggal satu hari, meski di luar sentimennya positif namun, karena adanya aksi mengamankan portofolio jelang libur Lebaran membuat IHSG masih akan variatif dengan kecenderungan naik tipis.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X