Kompas.com - 20/09/2013, 20:04 WIB
Menteri Perdagangan RI, Gita Wirjawan, dalam peluncuran bursa timah Indonesia, di Jakarta, Jumat (30/8/2013). ESTU SURYOWATIMenteri Perdagangan RI, Gita Wirjawan, dalam peluncuran bursa timah Indonesia, di Jakarta, Jumat (30/8/2013).
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perdagangan Gita Irawan Wirjawan dikabarkan mengajukan pengunduran diri kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Alasan utama dia mengundurkan diri karena akan fokus ikut Konvensi Capres Partai Demokrat.

Sejumlah sumber mengungkapkan, Gita sudah melapor ke Istana perihal pengunduran dirinya itu. Kemungkinan dia akan keluar dari jajaran Kabinet Indonesia Bersatu II setelah perhelatan KTT APEC di Bali pada Oktober mendatang.

"Sudah ada sounding ke Istana bahwa Pak Gita akan mundur. Namun, apakah itu disetujui, tergantung dari Presiden," jelas seorang pejabat, Jumat (20/9/2013).

Sementara itu, pejabat yang lain mengungkapkan bahwa alasan utama Gita Wirjawan mundur karena ikut konvensi capres, dan bukan karena tekanan politik.

"Ya, bisa dibilang semuanya pasti ada hubungannya dengan politik. Namun, alasan utamanya adalah ikut konvensi," ujarnya.

Hingga saat ini Kompas.com belum berhasil menghubungi Gita Wirjawan untuk dimintai konfirmasi.

Sebagaimana diketahui, Gita mengikuti konvensi capres dari Partai Demokrat bersama tokoh-tokoh lainnya. Namun, belakangan ini dia cukup mendapatkan banyak tantangan terkait dengan mahalnya sejumlah komoditas pangan, mulai dari bawang putih, daging, kedelai, hingga gula rafinasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terkait dengan mahalnya bawang putih, Gita dituduh terlibat kartel impor oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Namun, dia membantah ruduhan itu dan mengajukan somasi kepada lembaga tersebut.

Selanjutnya, menjelang Lebaran, Gita Wirjawan bersama Menteri Pertanian Suswono disorot mengenai mahalnya harga daging. Seusai isu daging, dia kembali "diuji" dengan mahalnya harga kedelai.

Setelah kedelai, belakangan ini juga muncul protes sehubungan dengan merembesnya gula rafinasi ke pasar yang mengakibatkan petani tebu merugi.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Demokrat yang juga Koordinator Tim Sukses Gita Wirjawan, Kastorius Sinaga, kepada Tribunnews membenarkan bahwa Gita Wirjawan telah mengajukan pengunduran diri kepada Presiden.

"Pak Gita Wirjawan sangat menyimak isu tentang mundur atau tidaknya beliau dari jabatan sebagai Mendag dalam konteks keikutsertaannya dalam Konvensi Capres 2014 Partai Demokrat," kata Kastorius.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.