Saat Akan Lunasi Inalum, Inilah Candaan Dahlan

Kompas.com - 19/12/2013, 21:06 WIB
Menteri BUMN Dahlan Iskan KOMPAS.com/ Ahmad WinarnoMenteri BUMN Dahlan Iskan
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Pada saat penandatanganan akta pembayaran utang saham PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), Menteri BUMN Dahlan Iskan sempat meminta ada yang menyanyi lagu Jepang, "Kokoronotomo".

"Ada yang bisa menyanyi lagu Jepang nggak di sini? Nyanyi 'Kokoronotomo'," ujar Dahlan di kantor Kementerian BUMN sesaat sebelum penandatanganan pengalihan saham Inalum, Rabu (19/12/2013).

Dalam penandatanganan pengambilalihan saham PT Inalum dari PT Nippon Asahan, hadir perwakilan dari Jepang, Hiroshi Haruta, serta perwakilan dari Kementerian Perindustrian dan Kementerian Keuangan.

Pemerintah mengambil alih Inalum dari Jepang sebesar 556,7 juta dollar AS, dan hari ini juga pemerintah mentransfer uang tersebut ke rekening di Tokyo.

Dalam kurun waktu 2 tahun, PT Inalum akan melakukan diversifikasi produk dari batangan ditambah dengan billet dan aluminium, serta penjualan Anoda Panggang. Pelabuhan Inalum saat ini hanya bisa menampung kapal berbobot muatan 25.000 ton, tetapi ke depannya akan mengalami peningkatan sebesar 35.000 ton.

Langkah selanjutnya, pada tahun 2015, Inalum merencanakan untuk melakukan pembangunan listrik yang akan selesai tahun 2017. Tujuan pembangunan ini ialah untuk menaikkan produksi dari 250.000 MT per tahun menjadi 425 MT per tahun pada saat 2017. Diharapkan PT Inalum membangun PLTU 3 x 200 MW. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X