Realisasi Penanaman Modal Tahun 2013 Dekati Rp 400 Triliun

Kompas.com - 21/01/2014, 13:16 WIB
Kantor BKPM Jakarta ptsp.bkpm.go.idKantor BKPM Jakarta
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com
- Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi proyek penanaman modal sepanjang tahun 2013 mencapai Rp 398,6 triliun, atau naik 27,3 persen dari periode yang sama 2012.

Kepala BKPM Mahendra Siregar menjelaskan, realisasi investasi sepanjang tahun 2013 tersebut mencakup penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebesar Rp 128,2 triliun dan realisasi penanaman modal asing (PMA) sebesar Rp 270,4 triliun.

"Khusus pada kuartal IV-2013, realisasi investasi mencapai Rp 105,3 triliun, atau naik sebesar 26,4 persen year on year (yoy), di mana PMDN mencapai Rp 34,1 triliun dan PMA Rp 71,2 triliun," ujarnya hari ini, Selasa (21/1/2014).

Dia mengklaim BKPM telah melakukan serangkaian langkah untuk mempercepat proses investasi, di antaranya pemasangan listrik, telepon, air, proses IMB, sertifikasi tanah, pembayaran pajak, penerbitan SIUP dan TDP, serta penguatan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Bidang Penanaman Modal, baik di pusat dan daerah.

Penguatan pelayanan satu pintu, kata dia, akan meningkatkan mutu pelayanan kepada dunia usaha. "Pada gilirannya akan dapat meningkatkan kegiatan investasi," lanjutnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.