BRI Akan Masuk Bisnis Asuransi hingga Satelit

Kompas.com - 22/01/2014, 21:14 WIB
Direktur Utama BRI Sofyan Basir (kiri) dan Direktur keuangan BRI Achmad Baiquni (kanan).

KOMPAS/RADITYA HELABUMIDirektur Utama BRI Sofyan Basir (kiri) dan Direktur keuangan BRI Achmad Baiquni (kanan).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk memperluas bisnis perseroan, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) telah menyiapkan sejumlah dana untuk melakukan berbagai aksi korporasi.

Direktur Keuangan BRI Achmad Baiquni menjelaskan perseroan berencana akan melakukan aksi korporasi tahun ini. "Kami akan beli asuransi, mudah-mudahan di kuartal I, kita kejar di RUPS. Dana investasi sudah kita siapkan Rp 3 triliun," kata Baiquni di Kantor Pusat BRI, Rabu (22/1/2014).

Selain asuransi, Baiquni tidak menjelaskan secara rinci rencana akuisisi lainnya yang akan dijajal BRI. Yang pasti, kata dia, lembaga keuangan seperti bank, asuransi, maupun sekuritas. Ia menegaskan tahun ini akan melakukan aksi korporasi terhadap lembaga keuangan.

Pada kesempatan sama, Direktur Utama BRI Sofyan Basir mengungkapkan BRI berniat memiliki satelit sendiri guna mempermudah komunikasi internal BRI. Saat ini pihaknya telah meminta kepada negara untuk slot orbit satelit di angkasa. Namun, ia tidak menjelaskan secara rinci kapan rencana itu akan direalisasikan.

"Kita minta kepada negara untuk slot orbit, kavling untuk satelit di angkasa. Kami masih menunggu saja. Memang betul kami berencana meluncurkan satelit sendiri, tapi masih menunggu slot orbit," ujar Sofyan.

Sofyan mengaku saat ini BRI masih menggunakan sekitar 20 transponder yang disewa dari beberapa peneyedia layanan telekomunikasi. Namun demikian, terkadang masih ada masalah dalam jaringan, sementara BRI memiliki sekitar 36.000 titik komunikasi yang tersebar di seluruh wilayah Tanah Air.

Untuk proyek pembelian satelit tersebut, Sofyan mengaku BRI telah menyiapkan dana sekitar 250 juta dollar AS yang bersumber dari dana internal BRI. "Kami investasi 250 juta dollar AS dari dana sendiri. Realisasinya begitu ijin keluar kami akan mulai kerjakan," kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X