Pasar Keuangan Tunggu Kepastian Besaran Suku Bunga The Fed

Kompas.com - 26/03/2014, 13:27 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) menyatakan akan segera menaikkan suku bunga acuan dari rekor terendah yang selama ini dipatok. Hal ini akan berdampak terhadap industri pembiayaan, dan penyaluran pinjaman Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Direktur Utama PT Sarana Multigriya Finansial (SMF), Raharjo Adisusanto mengatakan, jika The Fed menaikkan suku bukan, hal itu akan berdampak terhadap penerbitan surat utang perseroan.

"Tapi masalah ini, para analis juga menyebut para investor sudah mengkalkulasi di awal. Sehingga kenaikan kupon obligasi sudah memasukkan rencana The Fed naikkan suku bunga," kata dia, di Jakarta, Rabu (26/3/2014).

Meski demikian, Raharjo menegaskan dirinya tidak tahu persis berapa kenaikan suku bunganya. Jika ternyata lebih besar dari perhitungan para investor, bisa jadi, suku bunga acuan di Indonesia akan naik lagi, dan berdampak terhadap suku bunga pasar.

Tahun ini SMF mematok target penerbitan surat utang sebesar Rp 2,5 triliun. Raharjo mengatakan, penerbitan surat utang selanjutnya akan disesuaikan dengan suku bunga pasar, dan kebutuhan pasar, apakah tenor 1 tahun, 3 tahun, dan 5 tahun. "Artinya, ketika rate itu masuk, kami akan mengambil spread yang kecil," pungkasnya.

Sebagai informasi, suku bunga acuan Bank Indonesia yang sebesar 7,5 persen berdampak terhadap penerbitan surat utang SMF tahun 2013. Raharjo menuturkan, sepanjang tahun 2013 perseroan mengerem penerbitan obligasi. Sehingga, dari target penerbitan surat utang sebesar Rp 2,330 triliun, hanya terealisasi 91,80 persen, sekitar Rp 2,139 triliun.

"Jadi kenapa 2013 tidak mencapai target karena memang kami mengambil spread sangat tipis, karena kenaikan suku bunga Bank Indonesia. Kita mengurangi penerbitan obligasi karena kupon yang masuk terlalu tinggi," jelas Raharjo.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X