Kompas.com - 08/04/2014, 13:18 WIB
Chairul Tanjung KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Chairul Tanjung
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Seluruh pemegang saham dinyatakan telah mengeksekusi saham baru yang diterbitkan PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA). Kecuali, pemerintah yang memang sejak awal berniat melakukan divestasi.

Total saham baru yang ditawarkan dalam rights isue ini sebanyak 3,22 miliar saham atau 12,48 persen. Berarti, hak pemerintah sebanyak 2,23 miliar.

Pemegang saham lama yang berhak mengeksekusi haknya adalah yang terdaftar sebagai pemegang saham GIAA pada 4 April 2014. Sejatinya, hak eksekusi pemerintah diserahkan kepada tiga sekuritas BUMN, PT Mandiri Sekuritas, Bahana, dan PT Danareksa Sekuritas.

Berdasarkan daftar pemegang saham per 6 Februari 2014 yang dikeluarkan oleh PT Datindo Entrycom selaku Biro Administrasi Efek (BAE), pemilik saham GIAA terdiri dari; pemerintah sebesar 69,13 persen; Credit Suisse AG Singapore TR AC CL PT Trans Airways sebesar 10,89 persen, dan masyarakat sebesar 19,95 persen. Sisanya, dikempit oleh manajemen GIAA.

Dengan asumsi data BAE tidak berubah dan Trans Airways menyerap secara proporsional saham baru GIAA serta bagian pemerintah sesuai porsi, maka perusahaan besutan taipan Chairul Tanjung itu akan meningkat menjadi 11,83 persen dari total modal ditempatkan dan disetor penuh GIAA setelah rights issue.

Setelah rights issue, jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh GIAA akan meningkat dari 22,64 miliar menjadi 25,86 miliar. Adapun, kepemilikan saham Trans Airways akan menjadi 3,061 miliar saham dari 2,46 miliar saham.

Adapun, saham pemerintah akan berkurang dari 69,13 persen menjadi 60,5 persen. (Amailia Putri Hasniawati)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.