Kelewat Rumit, Jakarta Tak Terpilih Jadi "Pilot Project" Transportasi Berkelanjutan

Kompas.com - 06/05/2014, 16:51 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Perhubungan telah memilih tiga kota sekunder, yakni Kota Bogor, Kota Batam, dan Kota Manado, sebagai pilot project Sustainable Urban Transport Program.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono menjelaskan, ketiga kota kelas menengah tersebut dipilih karena belum telanjur memiliki permasalahan yang rumit seperti di kota-kota metropolitan, misalnya Jakarta.

Sebagai informasi, penyandang dana utama program ini, yakni Jerman dan Inggris, memberikan hibah kepada Pemerintah Indonesia tak kurang dari 15 juta euro. Pemilihan ketiga kota sekunder bisa jadi atas dasar pertimbangan anggaran. Anggaran yang dibutuhkan untuk kota-kota tersebut lebih hemat jika pilot project dilakukan di Jakarta.

Menanggapi hal tersebut, Bambang mengamini. "Bukan hanya itu (menghemat anggaran), melainkan juga tingkat kompleksitas," ujarnya di Kantor Kementerian Perhubungan, Selasa (6/5/2014).

"Kompleksitas di kota-kota sekunder belum rumit, tetapi kita pilih kota-kota aglomerasi (kumpulan industri) di luar Jabodetabek. Kota menengah ini yang kita pilih, sebelum terlambat (menjadi rumit seperti Jakarta)," kata dia lagi.

Bambang menuturkan, salah satu yang akan dilihat di ketiga kota tersebut adalah pengadaan bus rapid transit (BRT). Sedianya, Kementerian Perhubungan telah memiliki program BRT di 15 kota. Namun, dengan adanya proyek ini, diharapkan funding untuk pengadaan BRT di kota lainnya menjadi lebih terjangkau.

"Mulai dengan bus. Seperti Jakarta itu Blok M-Kota, bukan koridor lain ya, hanya Blok M-Kota," sebutnya.

"Ini nantinya yang akan diformulasikan, dicampur dengan support dari luar negeri," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.