Kompas.com - 12/05/2014, 14:30 WIB
Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman Hadad
KOMPAS/ALIF ICHWANKepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman Hadad
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta kepada perbankan asing untuk menambah karyawan dari Indonesia dalam rangka perlindungan terhadap kesempatan kerja masyarakat Indonesia di sektor perbankan dalam menyambut Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

"Menyambut Masyarakat Ekonomi Asean tentu harus siap SDM-nya. Saya meminta kepada bank-bank asing untk menambah karyawannya orang kita. Begitu juga bank-bank lokal untuk menambah karyawan dan meningkatkan sumberdaya manusianya," ujar Muliaman Hadad, Ketua Dewan Komisioner OJK, Senin (12/5/2014).

Muliman menuturkan bahwa peningkatan sumberdaya manusia di sektor perbankan wajib dilakukan. Sementara perlindungan terhadap kesempatan kerja anak bangsa di sektor perbankan juga harus terus dijaga. Apalagi penerapan MEA pada tahun 2015 mendatang membuka selebar-lebarnya kesempatan pekerja asing untuk dapat bekerja di Indonesia.

Sementara itu, Anton Gunawan, Kepala Ekonom Bank Danamon mengatakan pentingnya melindungi pekerja di sektor perbankan nasional. Menurutnya, kebijakan sertifikasi pekerja perbankan saat ini sudah baik. Hanya saja ada hal yang lebih penting dari sekedar sertifikasi. Hal tersebut adalah training yang berkelanjutan bagi pekerja di sektor perbankan.

"Sistem sertifikasi saat ini sudah ada bagi pekerja disektor perbankan. Tetapi yang lebih penting bukan hanya sertifikasi, sertifikasi kan untuk data, tetapi harus ada training untuk meningkatkan human capital disektor perbankan," kata Anton.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.