Kompas.com - 02/06/2014, 07:39 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com -- Anggota Tim Sukses (Timses) Prabowo Subianto - Hatta Rajasa Bidang Kebijakan dan Program Drajad Wibowo menyatakan, apabila pasangan capres itu memenangi pemilu presiden pada 9 Juli mendatang, semua desa di Indonesia akan dialiri listrik hingga ke pelosok. Program ini akan dijalankan hingga masa jabatan berakhir pada tahun 2019 mendatang.

"Kami targetkan pelaksanaan listrik rasio 100 persen sampai tahun 2019. Kita ingin dorong ke sana," kata Drajad dalam sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu (31/5/2014).

Lebih lanjut, Drajad mengatakan, saat ini PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) merupakan satu-satunya penyedia listrik di Tanah Air. Untuk mengurangi beban penyaluran listrik yang saat ini masih disubsidi, ia mengatakan, pasangan Prabowo-Hatta akan menggenjot pula pengembangan dan pemanfaatan energi alternatif di luar listrik.

"Kita juga akan kembangkan micro hidro (energi tenaga air) bagi pemenuhan listrik di daerah-daerah terpencil. Prabowo-Hatta akan men-support dana Rp 1 miliar per desa/kelurahan," ujar Drajad.

Drajad menjelaskan, dalam Undang-Undang Desa dinyatakan, harus terdapat dana langsung yang dialirkan untuk pembangunan desa. Akan tetapi, saat ini karena pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) belum siap, maka dana yang dialirkan hanya Rp 800 miliar.

"Kami akan anggarkan Rp 385 triliun tahun 2015 sampai 2019 yang akan dipakai untuk membangun infrastruktur untuk rakyat melalui Program Desa, salah satunya adalah listrik. Saat ini banyak daerah di Indonesia yang belum tersentuh listrik," papar Drajad.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.