Jokowi Heran Kalimantan Kaya Batubara, tetapi Listrik Sering Padam

Kompas.com - 20/06/2014, 21:47 WIB
Ilustrasi batu bara KOMPAS/ADI SUCIPTOIlustrasi batu bara
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Calon presiden nomor urut dua, Joko Widodo (Jokowi), heran karena daerah-daerah di Kalimantan sering terkena pemadaman listrik. Padalah, menurut dia, Kalimantan adalah penghasil batubara yang besar.

“Di Kalimantan mati sehari bisa dua kali,” kata Jokowi dalam dialog capres-cawapres yang diadakan Kadin, Jakarta, Jumat (20/6/2014).

Jokowi menjelaskan, seharusnya pemerintah bisa memanfaatkan keunggulan Kalimantan yang kaya akan batubara. Sumber daya alam tersebut, menurut Jokowi, harus dipergunakan untuk kepentingan masyarakat, bukan diekspor secara besar-besaran.

“Batubara harus digunakan untuk kepentingan lokal, kalau ada sisa baru untuk diekspor. Masalahnya apa, ya izin, izin, izin, ini. Ada yang mau dapat izin saja sampai satu tahun,” tandasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X