Pelayanan Izin Bisnis Jawa Timur Terbaik Se-Indonesia

Kompas.com - 18/07/2014, 13:22 WIB
Ilustasi di Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KP2T) Provinsi Kalimantan Selatan. Kompas/Defri WerdionoIlustasi di Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KP2T) Provinsi Kalimantan Selatan.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Ombudsman Republik Indonesia menyatakan hingga semester I tahun 2014 ini, Jawa Timur masih menjadi jawara dalam hal pelayanan publik untuk perizinan bisnis.

Ketua Ombudsman Danang Girindrawardana menyebut, Jawa Timur bahkan mengalahkan DKI Jakarta. “Di proses perizinan bisnis, Jawa Timur paling luar biasa. Seluruh Indonesia, belum ada yang mengalahkan itu. Jatim paling bagus untuk bisnis,” katanya ditemui di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (18/7/2014).

Danang juga mengatakan, penyelenggara Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di JawaTimur pun sangat bagus. “Sistem informasi komputer dalam pelayanan perizinannya juga sangat bagus,” imbuhnya.

Sementara itu, DKI menempati urutan kedua dalam hal perizinan bisnis. Namun demikian, dengan dipersiapkannya PTSP di 5 wilayah administrasi kota di DKI Jakarta, Danang optimistis DKI Jakarta mungkin akan menggeser Jawa Timur.

“Dan kita tunggu satu lagi, di tingkat provinsi. Kalau itu bisa diselesaikan tahun ini, saya kira itu bisa mengalahkan Jawa Timur,” tukasnya.

Dia menambahkan, selain Jakarta, hingga semester pertama 2014 ini, sejumlah daerah yang berbenah meningkatkan kualitas pelayanan publik diantaranya Bandung dan Sumatera Barat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X