Mendag: Harga Cabai Bisa Seperti "Jet Coaster"

Kompas.com - 07/08/2014, 20:06 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengatakan, harga cabai saat ini memang masih dalam harga rendah. Namun, jika stok semakin melimpah, maka petani biasanya tidak menanam cabai dan harga cabai bisa naik lagi seperti jet coaster.

“Dari pengalaman-pengalaman yang lalu itu, ketika stok melimpah harga turun kemudian setelah itu biasanya orang tidak mau tanam tiga bulan lagi harga cabai naik lagi, kayak jet coaster lagi, saya minta tolong sama beliau (Menteri Pertanian) biar bagaimanapun hortikultura itu mesti dibantu terutama untuk cabai dan bawang merah. Kemudian memang ada harga yang turun sekarang ada yang naik tapi kita mau jaga stabilitas itu,” ujar Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, Kamis (7/8/2014).

Oleh karena itu, untuk menjaga stabilitas harga, Lutfi mengaku akan segera bertemu dengan Menteri Pertanian guna membicarakan masalah tersebut. Dia pun meminta Mentan agar trus membantu menyediakan stok bibit untuk cabai sehingga saat petani ingin melakukan penanaman maka mampu ditopang oleh bibit yang ada.

“Saya sudah bilang bahwa saya mau tunggu sampai habis lebaran kan baru masuk hari Senin, saya baru mau ketemu mentan rencananya besok pagi, untuk melihat dan menjaga stabilitas harga-harga bahan,” katanya.

Sebelumnya, Menteri Pertanian (Mentan) Suswono mengungkapkan banyak petani yang merana lantaran harga cabai yang terlampau murah. Akan tetapi, ketika dijual kepada konsumen, harga menjadi sangat mahal. Menurut dia, dengan kondisi seperti ini, pihak yang menikmati untung justru adalah pedagang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.