Persaingan Kian Ketat, Perusahaan Asuransi Diversifikasi Produk

Kompas.com - 26/08/2014, 06:47 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Direktur PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Life, Johnson Chai mengakui persaingan di industri asuransi semakin ketat, khususnya asuransi jiwa. Oleh karena itu, perusahaan pun harus memutar otak agar dapat tetap eksis di industri tersebut.

"Kompetisi semakin ketat, makanya kita membuat produk yang bervariasi. Ini strategi yang baik untuk memperoleh nasabah. Kalau kita (tawarkan produk) secara tersegmentasi, kompetisi tidak seketat yang kita bayangkan," kata Johnson di Jakarta, Senin (25/8/2014).

Oleh karena itu, Sinarmas MSIG Life bersama dengan PT Bank Victoria International Tbk meluncurkan produk bancassurance yang diberi nama VIP Family Plan. Produk ini merupakan kombinasi antara produk asuransi kesehatan dengan produk investasi.

"Kami lihat kebutuhan nasabah sangat luas dan bisa dilihat dari segmentasi umur, gender, pendidikan, pekerjaan, segala macam. Populasi Indonesia juga cukup besar. Kami lihat potensi market sangat terbuka. Pertumbuhan premi masih baik, tapi masih di bawah negara lainnya. Opportunity masih sangat besar," kata Presiden Direktur Bank Victoria Eko Rachmansyah Gindo pada kesempatan yang sama.

Lebih lanjut, Eko mengungkapkan produk perbankan selama ini sudah sangat dikenal masyarakat, namun masih terbatas pada tabungan, giro, deposito, serta pinjaman. Adapun produk bancassurance merupakan salah satu produk alternatif bagi nasabah.

"Bancassurance memberi alternatif bagi nasabah Bank Victoria dan target market untuk pilih-pilih alternatif investasi keuangan, tidak hanya di produk konservatif, tapi juga yang lain," jelas Eko.

Menurut dia, ini juga sejalan dengan program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait edukasi masyarakat. Dengan meluncurnya produk ini, masyarakat dapat mengenal produk-produk jasa keuangan lainnya di luar produk perbankan.

"Sejalan juga dengan OJK tentang edukasi masyarakat. Kita edukasi nasabah Bank Victoria bahwa produk-produk jasa keuangan tidak hanya produk bank, tapi bisa di-bundle dengan produk asuransi," ungkap Eko.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.