ECB Pangkas Suku Bunga, Dollar AS Perkasa

Kompas.com - 05/09/2014, 07:40 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorErlangga Djumena

NEW YORK, KOMPAS.com -Kurs dollar AS naik terhadap sebagian besar mata uang utama lainnya pada Kamis (4/9/2014) waktu setempat (Jumat pagi WIB), setelah Bank Sentral Eropa (ECB) secara tak terduga menurunkan suku bunga acuannya.

Tingkat suku bunga pada operasi "refinancing" (pembiayaan kembali) utama akan menurun sebesar 10 basis poin menjadi 0,05 persen.

Selain itu, bank sentral akan membeli portofolio besar efek atau sekuritas beragun aset dan obligasi tertutup dalam denominasi mata uang euro.

"Langkah-langkah yang baru diputuskan, bersama-sama dengan target operasi 'refinancing' jangka lebih panjang yang akan dilakukan dalam dua minggu, akan memiliki dampak cukup besar pada neraca kami," kata Presiden ECB Mario Draghi pada konferensi pers setelah pertemuan Dewan Gubernur ECB.

Kurs euro/dollar AS merosot di bawah tingkat penting 1.3000, dan para analis percaya tren euro akan sangat negatif setelah penurunan suku bunga.

Data ekonomi AS keluar bervariasi (mixed) pada Kamis. Lapangan kerja sektor swasta menambahkan 204.000 pekerjaan pada Agustus, menurut sebuah laporan yang dirilis oleh pemeroses gaji swasta ADP. Peningkatan itu gagal memenuhi ekspektasi pasar.

Para investor juga sedang menunggu laporan penggajian (payroll) non-pertanian resmi untuk Agustus yang akan dirilis pada Jumat waktu setempat.

Selain itu, jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim awal untuk tunjangan pengangguran dalam pekan yang berakhir 30 Agustus bertambah 4.000 dari minggu sebelumnya menjadi disesuaikan secara musiman 302.000, kata Departemen Tenaga Kerja AS.

Sementara itu, defisit perdagangan internasional AS menyempit sedikit menjadi 40,5 miliar dollar AS pada Juli dari revisi 40,8 miliar dollar AS pada Juni.

Pada akhir perdagangan di New York, euro jatuh ke 1,2939 dollar dari 1,3145 dollar pada sesi sebelumnya, dan pound Inggris turun menjadi 1,6334 dollar dari 1,6454 dollar. Dollar Australia naik menjadi 0,9351 dollar dari 0,9345 dollar.

Dollar dibeli 105,23 yen Jepang, lebih tinggi dari 104,84 yen pada sesi sebelumnya. Greenback naik menjadi 0,9325 franc Swiss dari 0,9179 franc Swiss, dan bergerak turun menjadi 1,0879 dolar Kanada dari 1,0886 dollar Kanada.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X