Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BKPM Uji Coba Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Kompas.com - 15/01/2015, 13:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) melakukan uji coba perizinan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pusat bersama sejumlah Kementerian dan Lembaga (K/L). Hal ini dilakukan, guna memudahkan pelaku usaha dalam menanamkan investasi dalam negeri.

"Pagi hari ini kami dari para Menteri dan Kepala Lembaga, kita sama-sama melakukan kordinasi untuk memulai dan menguji coba PTSP Pusat dan dimulai hari ini," kata Kepala BKPM, Franky Sibarani, Jakarta, Kamis (15/1/2015).

Pelaksanaan uji coba PTSP Pusat ini juga dihadiri oleh Menteri ESDM Sudirman Said, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, serta Menteri Agraria dan Tata Ruang Fery Mursyidan Baldan.

Menurut dia, dalam mendukung perizinan di PTSP Pusat ini, sebanyak 19 K/L sudah menempatkan petugas penghubung di BKPM yang seluruhnya berjumlah 66 orang. "Nantinya mereka bertugas di front office dan back office untuk menyelesaikan proses perizinan," ucapnya.

Franky menjelaskan, petugas yang berada di depan menjalankan layanan penerimaan permohonan perizinan atau konsultasi dari investor. Sementara, petugas di belakang melakukan proses perizinan.

"Kami siap melayani proses 134 kelompok perizinan dari 1.249 bidang usaha. Investor dipermudah dalam sisi layanan perizinan, hanya datang ke BKPM dan tidak lagi mengelilingi Jakarta atau mendatangi Kementerian," tuturnya. (Seno Tri Sulistiyono)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com