KKP Gagalkan Ekspor Kura-kura Moncong Babi

Kompas.com - 19/01/2015, 22:08 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com – Baru-baru ini Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan atau BKIPM dan KKP menggagalkan usaha pengiriman Kura-kura Moncong Babi dan Lobster Bertelur.

Penangkapan dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (17/1/2015) sebagai tindak lanjut disahkannya Peraturan Menteri No. 1 tahun 2015 mengenai penangkapan lobster, kepiting dan rajungan.

“Kami, melalui Unit Pelaksana Teknis Balai Besar KIPM Jakarta I berhasil menggagalkan usaha pengeluaran ekspor Kura-kura Moncong Babi yang merupakan spesies dilindungi,” kata Narmoko Prasmadji selaku Kepala BKIPM di kantornya, Jakarta, Senin (19/1/2015).

Pengiriman tersebut terendus pada tanggal 16 Januari saat melakukan pemeriksaan terhadap pengiriman lobster dan kepiting yang akan dikirim ke Hongkong. Ditemukan lobster bertelur sebanyak 3 ekor dan lobster kecil (di bawah 8 cm) sebanyak 140 ekor.

Esoknya, BKIPM menemukan 2.350 ekor (10 box) kura-kura Moncong Babi yang disisipkan di antara 49 box Kepiting Bakau, dengan tujuan Shanghai.

Berdasarkan data yang dihimpun Kompas.com, Kura-kura Moncong Babi harganya Rp. 200.000 ekor, maka dengan penangkapan sebanyak 2.350 ekor maka total yang diselamatkan sebesar Rp 470 juta.

Selain di Jakarta, penangkapan juga terjadi di Bali dan Surabaya dari tanggal 14-16 Januari 2015. Dalam tiga hari itu BKIPM mendapatkan kepiting bertelur sebanyak 756 ekor dan lobster bertelur sebanyak 244 ekor dan 12 box tanpa penjelasan berapa ekor.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X