Menteri ESDM Targetkan dalam Enam Bulan, Investor Swasta Sudah Dapat Alokasi Proyek 35.000 MW

Kompas.com - 21/01/2015, 20:56 WIB
Ilustrasi pembangkit listrik KOMPAS.com/Sakina Rakhma Diah SIlustrasi pembangkit listrik
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menegaskan, pada tahun pertama proyek kelistrikan 35.000 megawatt (MW), pemerintah akan berfokus pada persiapan proyek.

“Pokoknya tahun ini saya berpikir persiapan proyek musti benar, karena kalau tidak bener akan mundur terus. Jadi yang penting persiapan mulai dari milih developer,” ucap Sudirman saat ditemui di sela-sela rapat badan anggaran DPR-RI, Jakarta, Rabu (21/1/2015).

Sudirman menuturkan, dari pertemuan dengan Independent Power Producer (IPP) di Kantor Ditjen Ketenagalistrikan, Selasa (20/1/2015), dirinya belum mendapat feedback dari para developer swasta. Tapi Sudirman yakin, para IPP siap berpartisipasi untuk membangun 25.000MW dalam lima tahun.

Sudirman menjelaskan, Kementerian ESDM tidak memiliki ketentuan bahwa setiap tahun seluruh IPP harus bisa membangun 5.000 MW.

“Masing-masing IPP kan kapasitasnya beda dan preferensi daerahnya juga beda. Kita tidak punya aturan persis, tidak harus seragam. Pokoknya kita akan ada negosiasi, lokasinya di mana, berapa besar kapasitasnya,” tutur Sudirman.

“Tapi yang penting dalam enam bulan ke depan sampai satu tahun sudah teralokasi dengan baik,” lanjut Sudirman.

Dia lebih lanjut bilang, proses persiapan pada tahun pertama ini amat penting. Sebab, jika konstruksi membutuhkan waktu 3-4 tahun, maka proyek 35.000 MW bisa terancam molor jika tidak ada persiapan matang. Hingga hari ini, Sudirman menambahkan, PT PLN (Persero) juga belum menunjuk independent procurement agent.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X