Kompas.com - 22/01/2015, 11:44 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat penerbangan Chappy Hakim mengatakan, masih banyak pesawat yang belum punya izin terbang. Karena hal itu tugas Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menurut Chappy masih sangat berat.

"Puluhan pesawat tidak berizin terbang. Sangat berat Kementerian Perhubungan mengatasi masalah ini," ujar Chappy di Jakarta, Rabu (21/1/2015).

Chappy memaparkan bahwa Kementerian Perhubungan masih belum bisa mengatur masalah perizinan. Karena itu, Chappy berharap Jonan bisa menyelesaikan masalah perizinan penerbangan terlebih dahulu sebelum mengatur yang lain.

"Kemenhub akan kesulitan jika pekerjaan hariannya saja masih kedodoran, mengerjakan yang biasa saja, contohnya izin masih ada yang disalahgunakan," kata Jonan.

Dari data lembaga ICAO 2014 aturan pemerintah yang terlaksana masih berada di angka 60-70 persen. Dalam hal tersebut meliputi kategori legislasi, organisasi, pelisensian, operasi, kelaikan udara (airworthiness), kecelakaan dan lainnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, Chappy berharap Jonan fokus dalam membenahi sistem kerja yang ada saat ini. Salah satunya pembenahan di dalam pegawai internal Kementerian Perhubungan.

"Staf ahli dikumpulkan kemudian membuat roadmap yang menjadi bagian penting dari program kerja," kata Chappy. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

baca juga: Jonan Ungkap Detik-detik Terakhir AirAsia QZ8501 Hilang KontakDapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.