Kendalikan Inflasi, Jokowi Akan Pimpin Langsung Rakor TPID

Kompas.com - 25/05/2015, 21:15 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan pada acara peringatan Isra Mi'raj di Istana Negara, Jumat (15/5/2015). KOMPAS.com/Sabrina AsrilPresiden Joko Widodo memberikan sambutan pada acara peringatan Isra Mi'raj di Istana Negara, Jumat (15/5/2015).
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorJosephus Primus


JAKARTA, KOMPAS.com -- Bank Indonesia (BI) menyampaikan bahwa Presiden Jokowi akan memimpin langsung rapat koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) pada minggu depan. "Rakor TPID, Presiden pimpin sendiri. Nantinya ada BI dan pemerintah daerah," ujar Direktur Departemen Komunikasi BI Peter Jacobs di Jakarta, Senin (25/5/2015).

Dia berharap, dengan langsung turun tangannya presiden dalam rapat koordinasi dengan TPID,  seluruh pemerintah daerah bisa langsung mengambil berbagai kebijakan agar inflasi bisa terkendali. Misalnya kata dia, pemerintah daerah harus memastikan ketersediaan pangan menjelang Lebaran sehingga mencukupi permintaan masyarakat. Dengan begitu, tak akan terjadi kenaikan harga pangan yang bisa memacu inflasi.

Selain harga pangan, sebenarnya BI juga memperhatikan berbagai komponen lain yang bisa memacu inflasi misalnya kenaikan harga BBM dan fluktuasi nilai tukar rupiah. Oleh karena itu, khususnya untuk antisipasi kenaikan harga BBM, BI mengaku sudah berkoordinasi dengan pemerintah untuk melihat bulan-bulan apa saja yang berpotensi terjadi inflasi tinggi. Saat itu kata dia, kenaikan harga BBM diharapkan tak terjadi. "Kita tidak rekomendasikan BBM baik setiap 3 atau 6 bulan sekali, tapi kita koordinasikan ada bulan-bulan yang ada inflasi rendah atau tinggi," ucap dia.

Saat rakor TPID minggu depan, BI mengatakan akan memberikan informasi yang sebaik-baiknya kepada seluruh pemerintah daerah terkait inflasi. Bahkan BI juga akan menyarankan berbagai langkah kebijakan guna mencegah melambungnya inflasi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.