Perbesar Remitansi, BRI Gandeng Bank Kerjasama Rakyat Malaysia

Kompas.com - 03/06/2015, 11:27 WIB
Suasana Corporate Gathering BRI dan Bank Kerjasama Rakyat Malaysia Berhad dok BRISuasana Corporate Gathering BRI dan Bank Kerjasama Rakyat Malaysia Berhad
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menjalin kerjasama dengan Bank Kerjasama Rakyat Malaysia Berhad untuk mendukung eskpansi di berbagai bidang layanan perbankan di Negeri Jiran itu.

Corporate Secretary Bank BRI, Budi Satria menuturkan Malaysia merupakan negara dengan nilai strategis dalam bidang ekonomi, terutama mengingat negara tersebut merupakan negara tujuan utama TKI.

“Di sisi lain Malaysia merupakan negara dengan sumber transaksi remitansi terbesar ke dalam negeri dengan jumlah nilai transaksi remitansi nasional sebesar 2,54 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 32,98 triliun dan menempati porsi 30,43 persen dari total nilai remitansi yang mencapai 8,34 miliar dollar AS atau Rp 103,31 trilyun sebagaimana data dari Bank Indonesia,” katanya dalam keterangan resmi pekan ini.

Sehubungan dengan kerjasama itu, pada Senin lalu BRI melakukan gathering yang juga dihadiri oleh sejumlah pejabat Pemerintah Malaysia.

"Adapun tujuan corporate gathering ini antara lain untuk meningkatkan hubungan perdagangan antara pelaku bisnis di Malaysia dengan aktifitasbisnis di Indonesia, terutama di bidang pelayanan perbankan serta memfasilitasi pengembangan dunia usaha bilateral antara Malaysia dan Indonesia," lanjut Budi Satria.

Sejauh ini BRI memiliki 10.396 kantor pelayanan perbankan dan 152.443 jaringan kerja E-Chanel di seluruh Indonesia. Hal itu memungkinkan perseroan memiliki competitive advantage di bidang remitansi bagi keluarga TKI di tanah air.

Hingga akhir tahun 2014, total nilai remitansi TKI yang dikirim melalui jaringan kerja BRI sebanyak 3,5 juta transaksi dengan nilai sebesar Rp 13,65 triliun.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X