BUMN Siap Gabung Garap Kereta Cepat Jika China jadi Pemenang Proyek

Kompas.com - 02/09/2015, 19:02 WIB
Shinkansen, kereta tercepat di Jepang KOMPAS.COM/CHRISTINA ANDHIKA SETYANTIShinkansen, kereta tercepat di Jepang
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri BUMN Rini Soemarno menyatakan perusahaan pelat merah siap membentuk konsorsium untuk menggarap proyek kereta api cepat jika pemenang proyek tersebut adalah China.

Menurut Rini, BUMN yang siap membentuk konsorsium dengan China adalah PT Wijaya Karya Tbk, PT Perkebunan Nusantara VIII (Persero), PT Jasa Marga Tbk, dan PT KAI (Persero). "Jadi itu konsorisum," ucap Rini, Rabu (2/9/2015).

Sementara itu Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menegaskan berapapun investasi yang dikeluarkan, yang penting adalah keselamatan penumpang. Bahkan dia pun membenarkan saat dikonfirmasi wartawan, tidak masalah mahal asal selamat. "Ya, harus begitu (utamakan keselamatan)," kata Jonan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan rencananya pada Kamis (3/9/2015) besok dirinya akan menyampaikan rekomendasi kereta cepat ke Presiden Joko Widodo.

Sore ini, sejumlah menteri bidang perekonomian tengah mematangkan susunan rekomendasinya, namun tidak membuat keputusan. Rapat dihadiri diantaranya Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Sofyan Djalil, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Mariani Soemarno, serta Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.

"Mudah-mudahan tinggal rapat hari ini. Tapi tidak langsung diumumkan (pemenangnya). Kita akan sampaikan rekomendasi ke Presiden, besok," ucap Darmin.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X