BNP2TKI Canangkan Remitansi Berkualitas

Kompas.com - 09/09/2015, 15:14 WIB
Ilustrasi. www.shutterstock.comIlustrasi.
Penulis Latief
|
EditorLatief
JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) semakin gencar mewujudkan remitansi Tenaga Kerja Indonesia yang berkualitas. Hal tersebut dilakukan seiring bertambahnya jumlah pengiriman uang dari TKI yang bekerja di luar negeri.

Demikian disampaikan Kepala BNP2TKI Nusron Wahid, Rabu (9/9/2015), menyusul laporan Bank Indonesia yang menyebutkan jumlah remitansi pada semester 1 2015 mencapai US$4.713.137.854 atau naik 15 persen dibandingkan semester yang sama tahun lalu US$ 4.093.429.234.

Pengertian remitansi berkualitas itu, menurut Nusron, kiriman uang tidak digunakan untuk hal-hal yang konsumtif, melainkan bagi kegiatan produktif, misalnya investasi pada sektor riil di daerah asal. Saat ini BNP2TKI memiliki program untuk mewujudkan remitansi berkualitas itu, antara lain dengan mengkampanyekan pengiriman uang ke daerah asal melalui perbankan (e-banking), serta program pendampingan bagi para TKI yang ingin menggunakan dananya untuk sektor-sektor produktif.

"Investasi TKI di sektor produktif niscaya menimbulkan efek berganda yang bermanfaat bagi perekonomian. Meningkatkan supply side, ketimbang demand side," ujar Nusron.

Atas dasar itu, tambah Nusron Wahid, BNP2TKI dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong lembaga keuangan formal untuk dapat bersama-sama menyediakan ases bagi TKI dan keluarganya hingga tercipta remitansi yang berkualitas.

Berdasarkan data Organisasi Buruh Internasional (ILO), lanjut dia, dari 100 persen yang dikirim ke keluarga oleh TKI, sebanyak 38 persennya dipakai membayar utang, 22 persen untuk pendidikan, 26 persen untuk kebutuhan sehari-hari, sebanyak 2,8 persen untuk rumah, serta 4 persen dialokasikan kepada investasi produktif.

"Berdasarkan data itu terlihat, TKI masih terjerat utang tinggi karena sedikitnya lembaga keuangan formal yang bisa memberikan pinjaman," katanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X