Bank Mandiri: Nilai Tukar Rupiah Seharusnya di Rp 12.500 Per Dollar AS

Kompas.com - 11/09/2015, 14:38 WIB
Ilustrasi nilai tukar rupiah terhadap dollar AS. shutterstockIlustrasi nilai tukar rupiah terhadap dollar AS.
EditorBambang Priyo Jatmiko
MALANG, KOMPAS.com — Melemahnya nilai tukar rupiah dalam beberapa waktu belakangan ini lebih dipengaruhi oleh faktor psikologis ketimbang fundamental.

Chief Financial Officer Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo menuturkan, pelemahan nilai tukar rupiah saat ini sudah terlalu dalam dan tidak mencerminkan aspek fundamental. Harusnya, rupiah saat ini berada di level 12.500 per dollar AS.

Kartika mengutip ekonom AS yang juga mantan Gubernur Federal Reserve, Alan Greenspan, bahwa kondisi perekonomian saat ini lebih banyak digerakkan oleh "animal spirit" ketimbang rasio. Adapun sisi "kehewanan" manusia itu adalah greed (keserakahan) dan fear (ketakutan).

Dari sisi greed, saat ini sebenarnya banyak pengusaha Indonesia yang memegang dollar AS. Namun, mereka mereka tak mau melepas mata uangnya itu ke pasar lantaran nilai tukar terus menguat.

Adapun dari sisi ketakutan, saat ini banyak pemilik dana yang memilih kabur dari Indonesia karena khawatir terhadap perkembangan perekonomian global.

"Memang tidak bisa dimungkiri, saat ini kondisi perekonomian global sedang tidak menentu. The Fed belum pasti kapan menaikkan suku bunga acuannya. Sementara itu, kondisi perekonomian China melemah sehingga membuat pasar dalam ketidakpastian," ujarnya dalam acara media training, Jumat (11/9/2015).

Karena itu, dia berharap agar pemerintah mengeluarkan kebijakan yang mampu mendorong pengusaha nasional pemilik dollar AS untuk melepasnya ke pasar. Langkah tersebut setidaknya akan membuat pemilik dana bisa lebih rasional, dan pasokan dollar AS di pasar menjadi lebih banyak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nilai tukar rupiah saat ini diperdagangkan di level 14.323 per dollar AS atau menguat tipis 0,06 persen.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X