Rizal Ramli: Cadangan Emas BI Hanya 100.000 Kg, Freeport Capai 16 Juta Kg

Kompas.com - 18/11/2015, 14:32 WIB
Freeport KOMPAS/AGUS SUSANTOFreeport
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli menjelaskan bahwa pemerintah akan mendesak PT Freeport Indonesia untuk menuruti keinginan pemerintah.

Hal ini dilakukan apabila tetap ingin memperpanjang kontrak karya dan investasi tambang mereka di Indonesia.

Rizal mempersilakan Freeport untuk mengembalikan kontrak karya dan area pertambangan mereka di Papua apabila tidak bersedia menuruti keinginan pemerintah.

Pengembalian pengelolaan tambang di Papua tersebut dinilai lebih menguntungkan yang didasarkan kandungan emas Papua mencapai 16 juta kilogram.

"Silakan saja kalau seandainya Freeport mau ngotot tidak mau penuhi permintaan presiden. Kalau itu dilakukan, kembalikan (kontrak karya)," kata Rizal di Jakarta, Rabu (18/11/2015).

"Cadangan devisa emas Bank Indonesia hanya 100.000 kilogram, China hanya beberapa juta kilogram, Freeport cadangan devisanya itu 16 juta kilogram. Bayangkan setengahnya saja kita masukkan ke dalam cadangan devisa BI, rupiah menguat ke berapa?" imbuhnya.

Kontrak karya pertambangan Freeport akan habis pada tahun 2021 mendatang. Pemerintah mulai mempersiapkan tindakan tegas meskipun belum ada keputusan apakah akan memperpanjang atau menghentikan kontrak karya dengan Freeport.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pemerintah mengajukan lima syarat kepada Freeport bila ingin tetap berinvestasi di Papua.

Lima syarat itu yakni membantu pembangunan Papua, meningkatkan kandungan lokal, divestasi, dan peningkatan royalti.

Selain itu, Freeport juga harus melakukan hilirisasi produk tambang mereka di Indonesia.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.