Lima Pelabuhan Jalur Tol Laut Selesai Dibangun

Kompas.com - 10/12/2015, 12:49 WIB
Pegawai sedang mengoperasikan alat pemindah kontainer otomatis di Pelabuhan Teluk Lamong Gresik Jawa Timur KOMPAS.com/YOGA SUKMANAPegawai sedang mengoperasikan alat pemindah kontainer otomatis di Pelabuhan Teluk Lamong Gresik Jawa Timur
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla terus membangun infrastruktur untuk peningkatan konektivitas Indonesia. Proyek tol laut terus digarap oleh perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berkompeten.

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) yang diberi amanat untuk membangun lima pelabuhan strategis dari 24 pelabuhan utama menjanjikan penyelesaian proyek dua tahun lagi, atau tahun 2017.

"Lima pelabuhan strategis kita harapkan akan kita selesaikan dalam waktu 2 tahun ke depan. Karena itu sudah kita masukan ke tahap 1 prioritas," kata Direktur Utama Pelindo III, Djarwo Surjanto, Jakarta, Kamis (10/12/2015).

Djarwo mengatakan, Pelindo III mendapatkan bagian untuk membangun lima dari 24 pelabuhan jalur tol laut, yakni Tanjung Perak, Tanjung Emas, Pelabuhan Banjarmasin, Pelabuhan Kupang, dan Pelabuhan Sampit.

Adapun Pelindo IV, mendapatkan amanat paling banyak yakni membangun 10 pelabuhan. Perkembangan saat ini, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya sudah selesai pembangunan infrastruktur dasarnya.

"Teluk Lamong tahap satu selesai, alur selesai, jadi sudah selesai. Yang kita bangun sekarang adalah untuk peningkatan produtivitas," jelas Djarwo.

Lebih lanjut dia menuturkan, investasi yang dibutuhkan untuk membangun lima pelabuhan strategis tersebut mencapai Rp 8 triliun.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X