Miliarder Wanita Makin Banyak

Kompas.com - 16/12/2015, 16:47 WIB
Ilustrasi THINKSTOCKIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena
KOMPAS.com - Sebuah laporan terbaru melaporkan bahwa populasi miliarder wanita telah tumbuh sangat pesat, yakni mencapai 560 persen dalam kurun waktu dua dekade terakhir.

Para wanita super kaya tersebut tidak hanya berasal dari Amerika Serikat atau Eropa, namun tersebar di seluruh dunia.

Studi yang dihelat oleh UBS dan PricewaterhouseCoopers terhadap 1.300 orang miliarder tersebut menemukan bahwa kini ada rekor jumlah miliarder wanita di dunia, yakni 145 orang. Angka ini 6,5 kali lipat dibandingkan dengan hanya 22 orang pada tahun 1995 silam.

Lebih lanjut, studi tersebut melaporkan bahwa para miliarder tersebut paling banyak menggeluti bisnis di bidang properti real estate, industri, dan kesehatan.

Dari jumlah yang ada, sebanyak 80 persen miliarder wanita dunia berada di Amerika Serikat dan Eropa. Akan tetapi, para miliarder wanita di kedua kawasan tersebut memperoleh kekayaannya dari warisan.

Para miliarder baru yang memperoleh kekayaan dari merintis bisnis meningkat di Asia, di mana lebih dari separuh miliarder wanita adalah seorang pengusaha generasi pertama.

Jumlah miliarder pria yang kini tercatat sebanyak 1.202 orang mengalami perlambatan pertumbuhan. Meskipun demikian, jajaran miliarder global masih didominasi oleh kaum pria. Mereka menyumbang 90 persen populasi miliarder di seluruh dunia.

"Ke depan, diprediksi semakin banyak wanita yang bergabung dalam jajaran miliarder, seiring dengan para anak perempuan didorong dan dilatih untuk berperan aktif dalam memimpin keluarga dan bisnis," tulis laporan tersebut.

Secara umum, para orang super kaya dunia lebih cepat kaya ketimbang ekonomi global. Dalam dua dekade belakangan, kekayaan para miliarder meningkat 8 kali lipat menjadi 5,4 triliun dollar AS pada tahun 2014, sementara PDB global tumbuh 3 kali lipat menjadi 77 triliun dollar AS.

Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X