Setelah Arab dan Oman, Qatar Juga Menaikkan Harga BBM

Kompas.com - 15/01/2016, 09:10 WIB
Ilustrasi THINSTOCKIlustrasi
EditorErlangga Djumena

DOHA, KOMPAS.com - Negara kaya energi Qatar memutuskan untuk menaikkan harga bensin mulai Jumat (15/1/2016. Kebijakan ini mengikuti tetangganya seperti Arab Saudi, Oman, dan Uni Emirat Arab yang menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) ditengah kemerosotan harga minyak mentah..

Kenaikan harga bensin diumumkan oleh Woqod, perusahaan bahan bakar minyak milik negara, dalam sebuah memo yang dikirim kepada para manajer stasiun bahan bakar minyak pada Kamis (14/1/2016).

Harga untuk bensin reguler meningkat menjadi 1,30 riyal Qatar atau sekitar Rp 4.875 per liter dari sebelumnya 1,00 riyal.

Produk lainnya akan meningkat bahkan lebih tajam, dengan salah satunya bensin premium, meningkat sekitar 35 persen menjadi 1,15 riyal.

Musim panas lalu Qatar mengumumkan akan menghadapi defisit anggaran pertama dalam 15 tahun pada 2016, akibat anjloknya harga minyak di pasar dunia.

Pada Desember, Qatar memperkirakan bahwa harga minyak yang lebih rendah akan meninggalkan Qatar dengan lubang defisit sekitar 12 miliar dolar AS pada anggaran 2016.

Sebelumnya Arab Saudi, Oman, Uni Emirat Arab juga menaikkan harga bensin mereka. (baca: Defisit Membengkak, Arab Naikkan Harga Bensin hingga 67 Persen)



Sumber AFP/ANTARA
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X