Mencengangkan, Fakta dan Data Statistik Keuangan Tiga Perang Dahsyat di AS

Kompas.com - 21/04/2016, 05:05 WIB
|
EditorAprillia Ika

NEW YORK, KOMPAS.com - Amerika Serikat adalah salah satu negara yang berperan aktif dalam setidaknya tiga perang terbesar di dunia dalam 100 tahun terakhir.

Akan tetapi, pernahkah Anda membayangkan seberapa besar biaya yang dirogoh AS untuk membiayai ketiga perang tersebut?

Program studi Magister Sejarah Amerika di Norwich University, AS menyusun sebuah grafik berisikan statistik keuangan tiga perang dahsyat AS, yakni Perang Dunia I, Perang Dunia II, dan Perang Abad 21.

Berikut paparannya.

1. Perang Dunia I

Pada Perang Dunia I, biaya yang harus dikeluarkan oleh pemerintah AS mencapai 334 miliar dollar AS. Adapun anggaran pertahanan AS mencapai 14,1 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) pada tahun 1919.

Sebanyak 4,5 juta personil militer terlibat dalam perang itu. Keterlibatan AS dalam PD I dibiayai dari kombinasi obligasi perang (war bonds) dan peningkatan penerimaan pajak.

Obligasi yang diterbitkan mencapai 21 miliar dollar AS, dengan rata-rata pembelian senilai 445 dollar AS.

Adapun rata-rata besaran setoran pajak oleh orang-orang kaya di AS kala PD I berkisar antara 41 persen pada tahun 1917 hingga 72 persen pada tahun 1918.

2. Perang Dunia II

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.