Pertamina Menang Lelang, PGE Gandeng BUMD Aceh Kembangkan Panas Bumi

Kompas.com - 10/05/2016, 16:42 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) sebagai anak usaha PT Pertamina (Persero) menjalin kerjasama dengan Perusahaan Daerah Pembangunan Aceh (PDPA/BUMD Aceh) untuk pengembangan panas bumi Seulawah, Aceh.

Kerjasama antara PGE dan PDPA terjalin setelah Pertamina sebagai induk PGE memenangkan lelang Wilayah Kerja (WK) Seulawah Agam.

Pertamina kemudian menugasi PGE untuk memenuhi persyaratan lelang dengan mendirikan perusahaan patungan bersama BUMD Aceh.

Selanjutnya perusahaan yang dibentuk tersebut akan melakukan eksplorasi dan eksploitasi panas bumi berdasarkan Ijin Panas Bumi (IPB) yang akan diterbitkan oleh pemerintah dalam hal ini Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Bagi kami kerjasama ini tidak sekadar upaya pemenuhan ketentuan pemerintah. Melainkan, menjadi komitmen kuat Pertamina untuk maju bersama membangun perekonomian Aceh dengan penyediaan energi yang cukup,” kata Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro Selasa (10/5/2016) di Jakarta.

Perjanjian Pemegang Saham (Shareholders Agreement) ditandatangani oleh Direktur Utama PGE Irfan Zainuddin dan Direktur Utama PDPA Muhsin.

Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto dan Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam Zaini Abdullah di Banda Aceh.

Dengan perjanjian ini, maka komposisi kepemilihan saham untuk badan usaha patungan adalah 75 persen PGE dan 25 persen untuk PDPA.

Untuk tahap awal direncanakan survei dan eksplorasi untuk menyusun pembangunan PLTP Unit I.

Kapasitas PLTP Unit I sekitar 55 megawatt (MW).

Sedangkan, komitmen investasi untuk tahap eksplorasi sekitar 40 juta dollar AS sesuai dengan dokumen penawaran Pertamina dalam lelang WK Seulawah.

WK panas bumi Seulawah Agam diperkirakan memiliki potensi panas bumi sampai 165 MW, dan terletak di Kabupaten Aceh Besar.

Adapun lokasi proyek berjarak sekitar 50 kilometer arah tenggara dari kota Banda Aceh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.