Mentan Akan Pakai Sistem Seperti GoJek untuk Memangkas Rantai Pasokan Pangan

Kompas.com - 02/06/2016, 16:01 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan dalam jangka panjang akan menggunakan sistem seperti GoJek untuk memperpendek rantai pasokan hasil pertanian dari petani ke pedagang.

Itu dilakukan karena Menteri Amran masih melihat rantai pasokan yang terlalu panjang sehingga menyebabkan harga naik.

Dalam sistem itu nantinya petani bisa langsung menjual produknya ke pedagang kecil sehingga rantai pasokan menjadi pendek dan cepat.

"Nanti kita seperti GoJek IT-nya. Ini jangka panjang jadi petani langsung bisa ketemu dengan pedagang kecilnya dengan dikoordinir oleh pemerintah," ujar Mentan Amran saat menghadiri diskusi Kesiapan Bahan Pokok Menjelang Hari Raya di Hotel Santika, Jakarta, Kamis (2/6/2016).

Mentan Amran menjelaskan nantinya jika petani dan pedagang kecil sudah saling mengenal maka akan terbentuk rantai pasokan yang pendek yang mempercepat jalur distribusinya.

"Setelah mereka sudah saling kenal, pasar baru terbentuk, rantai pasok pendek, petani sejahtera, konsumen tersenyum, pedagang untung," pungkas Mentan Amran.

Dalam sistem ini nantinya Mentan Amran akan libatkan perbankan untuk menghilangkan sistem ijon (penjualan hasil pertanian sebelum masa panen) yang selama ini dipakai petani.

Nantinya perbankan yang menjadi penghubung transaksi antara petani dan pedagang kecil

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.