Layani Arus Mudik, Terminal 3 Ultimate Beroperasi 20 Juni Ini

Kompas.com - 12/06/2016, 17:31 WIB
Petugas kebersihan memanjat untuk membersihkan kaca di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (12/6/2016). Terminal 3 Ultimate akan dioperasikan pada 20 Juni 2016 mendatang. KOMPAS.com/ANDRI DONNAL PUTERAPetugas kebersihan memanjat untuk membersihkan kaca di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (12/6/2016). Terminal 3 Ultimate akan dioperasikan pada 20 Juni 2016 mendatang.
|
EditorErlangga Djumena

TANGERANG, KOMPAS.com - Terminal 3 Ultimate Bandar Udara (Bandara) Soekarno-Hatta, Tangerang ditargetkan beroperasi pada 20 Juni 2016. Dengan demikian saat arus mudik Lebaran 2016 ini,  masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas terminal baru tersebut.

"Kita rencanakan operasional Terminal 3 Ultimate ini dilakukan pada 20 Juni, saat itu Garuda Indonesia domestik akan beroperasi," ujar Direktur Utama AP II Budi Karya Sumadi saat simulasi operasional di Terminal 3 Ultimate, Bandara Soetta, Tangerang, Minggu (12/6/2016).

Budi menambahkan, Garuda Indonesia akan menjadi maskapai pertama yang menempati Terminal 3 Ultimate dengan 3 destinasi yaitu Yogyakarta, Solo, dan Semarang.

Budi mengatakan, beberapa tahapan sudah dijalankan. Di antaranya adalah dengan Ditjen Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan untuk klarifikasi berbagai peralatan yang dipergunakan sebagai kelengkapan terminal.

"Mengapa proses ini begitu banyak hal diklarifikasi. Sebagai pengelola airport menjanjikan layanan yang utamakan safety.  Kami harapkan operasional itu tidak ada catat. Memang melalui proses ketat, kita akan mendapatkan suatu manfaat dan rangkaian operasional bandara yang profesional dan jauh dari kesalahan apalagi accident," ujarnya.

Rencananya besok akan dilakukan kembali simulasi oleh pihak maskapai Garuda Indonesia dan akan dikerahkan sekitar 100 penumpang simulasi dengan tujuan Solo.

Prosesnya tidak berbeda jauh dibandingkan dengan simulasi yang dilaksanakan AP II pada hari ini. Hasil simulasi menjadi penentu Terminal 3 Ultimate dapat beroperasi atau tidak sesuai target.

"Untuk bisa dilakukan tanggal 20 (Juni), kita menunggu hasil simulasi Garuda dan izin operasi dari Kemenhub yang Insya Allah dalam waktu dekat diberikan," ucap Budi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.