Bisa Terbangi Eropa, Citilink Gembira karena Dapat Pengakuan Internasional

Kompas.com - 18/06/2016, 13:31 WIB
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Citilink Indonesia menyambut gembira keputusan otoritas penerbangan Uni Eropa yang memastikan Citilink berhasil memenuhi standar penerbangan internasional.

Dengan demikian, Citilink bisa menerbangi langit Eropa.

"Ini merupakan pengakuan internasional yang penting, tidak saja bagi Citilink tetapi juga bagi dunia penerbangan Indonesia," ujar Presiden dan CEO Citilink Albert Burhan dalam keterangan resmi, Sabtu (18/6/2016).

"Pengakuan resmi ini berarti banyak karena bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat interasional terhadap industri penerbangan nasional,"  kata dia.

Albert menyatakan, Citilink tak lagi berada dalam daftar hitam (blacklist) pesawat yang dilarang terbang di wilayah Uni Eropa.

Ia menjelaskan, pengakuan itu diharapkan mampu meiningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Citilink.

Sementara itu, Direktur Operasional Citilink Hadinoto Soedigno mengatakan bahwa standar keselamatan penerbangan yang ditetapkan tim audit Uni Eropa cukup tinggi.

Namun, Citilink berhasil melewati proses audit yang berlangsung selama hampir 5 bulan itu.

"Hampir seluruh aspek mulai dari kinerja operasional, safety, quality, airworthiness hingga sistem pelayanan dan penanganan penumpang menjadi faktor yang sangat diperhatikan dan menentukan selama proses audit berlangsung," ucap Hadinoto.

Menurut Hadinoto, tim khusus audit dari otoritas penerbangan Uni Eropa secara terus-menerus mengadakan rapat dan kunjungan lapangan, mulai dari level direksi hingga petugas lapangan di bandara-bandara yang diterbangi Citilink.  

Kompas TV 3 Maskapai Ini Bisa Mengudara di Eropa
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.