Turun 64,63 Persen, Perdagangan Saham BIKA Dihentikan Otoritas Bursa

Kompas.com - 27/06/2016, 14:00 WIB
Bursa Efek Indonesia KONTANBursa Efek Indonesia
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) tengah menghentikan sementara perdagangan saham PT Binakarya Jaya Abadi Tbk, emiten pengembang properti, dikarenakan telah terjadi penurunan harga kumulatif yang signifikan pada saham berkode emiten BIKA ini.

Tercatat pada harga penutupan 18 Mei 2016 harga saham BIKA masih berada di level Rp 1.640 per saham, namun pada 24 Juni 2016 harga sahamnya turun sebesar Rp 1.060 per saham atau 64,63 persen ke level Rp 580 per saham.

Jika disetahunkan, maka harga saham BIKA sudah turun 69,55 persen. Pada perdagangan Jumat, 24 Juni 2016, harga saham BIKA ditutup turun 7,94 persen atau 50 poin ke level 580 dan sempat menyentuh harga terendah di level 570.

"BEI perlu melakukan penghentian sementara perdagangan saham BIKA di Pasar Reguler dan Pasar Tunai," papar Kepala Pengawasan Transaksi BEI, Irvan Susandy dalam keterbukaan informasi, Senin (27/6/2016).

Irvan mengatakan, penghentian saham BIKA dilakukan Bursa sejak sesi pertama 27 juni 2016 sampai dengan pengumuman Bursa lebih lanjut.

"Bursa menghimbau kepada pihak-pihak yang berkepentingan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan perseroan," pungkas Irvan.

Sekadar informasi, ruang lingkup kegiatan BIKA bergerak dalam bidang usaha jasa, pembangunan, pengangkutan darat, perbengkelan, percetakan, perdagangan, perindustrian, pertambangan dan pertanian.

Kegiatan usaha utama BIKA saat ini adalah menjalankan usaha di bidang pembangunan dan pengembangan proyek properti, operator komplek properti terpadu, perhotelan serta pemilik dan operator wahana taman bermain (amusement park) yang bernama Palm Bay Water Park.

Sebelumnya pada 17 Juni 2016 lalu, BEI juga menghentikan sementara saham BIKA akibat penurunan yang tidak wajar. (Baca: Harga Saham Turun 58,84 Persen, BEI Hentikan Sementara Perdagangan Saham BIKA).

 

Kompas TV OJK & BEI Gelar Penghargaan Emiten ke-15



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X