Laba Bersih Astra International Semester I 2016 Turun 12 Persen

Kompas.com - 28/07/2016, 18:40 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Astra International Tbk (ASII) mencatat penurunan laba bersih di semester I 2016 sebesar 12 persen dari Rp 8 triliun menjadi Rp 7,1 triliun akibat pelemahan harga komoditas dan penurunan permintaan alat berat.

"Laba bersih grup Astra selama semester pertama menurun. Tantangan pada semester pertama tahun ini berasal dari pelemahan harga komoditas dan permintaan terhadap alat berat," ujar Presiden Direktur ASII, Prijono Sugiarto, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/7/2016).

Prijono mengatakan, selain pelemahan harga komoditas dan penurunan permintaan alat berat, penurunan volume bisnis kontraktor pertambangan dan peningkatan kredit bermasalah di Permata Bank masih akan dirasakan hingga akhir tahun.
 
"Kendati demikian, kami berharap kinerja dari bisnis pembiayaan konsumen dan otomotif masih solid," imbuh Prijono.
 
Penurunan laba bersih perseroan diiringi dengan penurunan pendapatan bersih konsolidasi Astra pada sebesar 5 persen menjadi Rp 88,2 triliun pada semester I 2016 dari Rp 92,5 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.

"Grup Astra mengalami penurunan pendapatan bersih di sektor alat berat dan pertambangan serta agrobisnis, sementara kontribusi pendapatan bersih dari Toyota Sales Operation juga menurun," tandas Prijono.

Selain itu, tercatat, laba bersih per saham pun mengalami penurunan sebesar 12 persen dari Rp 199 per saham menjadi Rp 176 per saham.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.