Nielsen Indonesia: Belanja Iklan Semester I 2016 Tumbuh 18 Persen

Kompas.com - 18/08/2016, 16:31 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com — Hasil riset Nielsen Advertising Information Services yang dirilis oleh Nielsen Indonesia menunjukkan, belanja iklan pada semester pertama tahun ini tumbuh sebesar 18 persen menjadi Rp 67,7 triliun.

Executive Director Head of Media Business Nielsen Indonesia, Hellen Katherina, mengatakan, kontributor utama pertumbuhan belanja iklan masih dari media televisi sebesar Rp 51,9 triliun atau meningkat 26 persen jika dibandingkan tahun lalu.

"Belanja iklan pada semester pertama tahun ini menunjukkan tren pertumbuhan yang positif," ujar Hellen di Jakarta, Kamis (18/8/2016).

Televisi menurut Hellen masih menjadi penopang utama, sementara sisanya disumbang dari iklan media cetak yang pergerakannya jika dipersentasekan menunjukkan sedikit penurunan, dari 15,2 persen pada semester pertama 2015 menjadi 15 persen pada semester pertama 2016.

"Ini merupakan indikasi yang baik, terlihat para pengiklan perlahan-lahan mulai bergairah kembali," tandas Hellen.

Menurut Hellen, tren belanja iklan akan terus tumbuh jika kondisi perekonomian berangsur-angsur meningkat.

Dirinya juga memprediksikan, belanja iklan pada semester II akan naik.

"Bila stabilitas ekonomi meningkat, bisa jadi tren pertumbuhan belanja iklan pada semester kedua akan mengalami peningkatan," pungkas Hellen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.