Kompas.com - 19/08/2016, 16:30 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Pelindo II menyatakan siap untuk mengelola pelabuhan unit pelaksana teknis (UPT) yang sebelumnya dikelola oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). 

Seperti diketahui, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan melepas sejumlah pelabuhan UPT untuk dikelola oleh Pelindo. Meski menyerahkan pengelolaan, Budi menegaskan, pengawasan tetap ditangani Kemenhub. 

"Pada prinsipnya, perusahaan siap untuk mengelola pelabuhan-pelabuhan yang saat ini dikelola UPT, secara bertahap, sesuai prioritas dalam pengembangan jaringan pelabuhan yang dikelola oleh perusahaan dan konektivitas nasional," ujar Sekretaris PT Pelindo II Banu Astrini saat dihubungi Kompas.com, di Jakarta, Jumat (19/8/2016). 

Banu mengungkapkan, perusahaan kini tengah mempertimbangkan pelabuhan UPT mana saja yang nantinya bisa dikelola Pelindo II.

Pelindo II juga sedang menghitung berapa biaya yang akan dikeluarkan untuk mengelola pelabuhan UPT. 

Menurut dia, perusahaan akan mengajukan pengelolaan pelabuhan UPT setelah pertimbangan opsi-opsi selesai. 

"Kami sedang menganalisis opsi-opsi dari pelabuhan-pelabuhan yang saat ini dikelola oleh UPT, termasuk dari sisi lokasi, fasilitas, jaringan pelayaran, back-up area, dan konektivitas ke hinterland," pungkasnya. 

Sekadar informasi, saat ini wilayah operasi Pelindo II mencakup 10 provinsi di bagian barat Pulau Jawa dan bagian selatan Pulau Sumatera. Pelindo II mengelola 12 pelabuhan yang salah satunya Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.