Jelang Pilpres AS, The Fed Tahan Suku Bunga Acuan

Kompas.com - 03/11/2016, 06:30 WIB
Gedung Federal Reserve cnn moneyGedung Federal Reserve
|
EditorAprillia Ika

WASHINGTON, KOMPAS.com - Bank sentral AS Federal Reserve memutuskan untuk menahan suku bunga acuan Fed Fund Rate (FFR). Namun demikian, The Fed tetap membuka peluang untuk kenaikan suku bunga pada bulan Desember 2016 mendatang.

Federal Open Meeting Committee (FOMC) tampaknya tidak akan mengambil keputusan menjelang pemilihan presiden AS yang tinggal hitungan hari. Akan tetapi, The Fed menyatakan kemungkinan kenaikan FFR terus menguat.

Mengutip BBC, Kamis (3/11/2016), ada kemungkinan FOMC akan menaikkan suku bunga pada pertemuan pamungkas untuk 2016.

"Komite menyatakan kemungkinan kenaikan FFR terus menguat. Akan tetapi, diputuskan untuk saat ini kami menunggu beberapa bukti lebih lanjut terkait progres tujuan kami," kata The Fed dalam pernyataannya.

Pasar merespon keputusan The Fed tersebut dengan sedikit perubahan segera setelah pengumuman. Akan tetapi, sebagian besar analis telah mengekspektasi kenaikan FFR terjadi pada Desember 2016.

Gubernur The Fed Janet Yellen akan melakukan konferensi pers seusai pertemuan pada 14 Desember 2016 mendatang.

Ini akan memungkinkan dia menjelaskan apapun keputusan yang diambil The Fed dan barangkali memberikan arahan terkait kemungkinan kenaikan FFR pada tahun 2017.

Kompas TV The Fed Naikkan Bunga?



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X